Tugas Pertemuan 8 - Aplikasi Dessert Clicker

Tugas Pertemuan 8

Aplikasi Dessert Clicker

Nama : Rycahaya Sri Hutomo
NRP : 5025201046
Kelas : Pemrograman Perangkat Bergerak B
Tahun : 2024


Deskripsi Singkat Aplikasi

Aplikasi Dessert Clicker adalah sebuah aplikasi yang menampilkan makanan penutup yang dibeli oleh pengguna dengan cara mengetuk makanan penutup di layar. Aplikasi akan memperbarui nilai dalam tata letak untuk:
  • Jumlah makanan penutup yang dibeli.
  • Total pendapatan untuk makanan penutup yang dibeli.

Mendownload Kode Awal

Kode awal dapat didownload melalui link berikut dengan nama cabang starter

https://github.com/google-developer-training/basic-android-kotlin-compose-training-dessert-clicker/tree/starter


Menambahkan Logging Dasar

1. Jalankan aplikasi Dessert Clicker, lalu ketuk gambar makanan penutup beberapa kali. Nilai dari makanan penutup yang terjual dan jumlah total uang dalam dolar akan berubah.

2. Buka MainActivity.kt dan periksa metode onCreate() untuk aktivitas berikut:

override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
    // ...
}

3. Tambahkan konstanta berikut di tingkat teratas MainActivity.kt, di atas deklarasi class class MainActivity

private const val TAG = "MainActivity"


4. Dalam metode onCreate(), tepat setelah panggilan ke super.onCreate(), tambahkan baris berikut:

Log.d(TAG, "onCreate Called")


5. Impor class Log

import android.util.Log

6. Kompilasi dan jalankan aplikasi Dessert Clicker. Anda tidak akan melihat perbedaan perilaku di aplikasi saat mengetuk makanan penutup. Di bagian bawah layar Android Studio, klik tab Logcat.


7. Di jendela Logcat, ketik tag:MainActivity pada kolom penelusuran.


Menerapkan Metode onStart()

1. Letakkan kursor di halaman MainActivity.kt, tepatnya di dalam class MainActivity, pilih Code > Override Methods... atau tekan CTRL + O. Lalu, jendela dialog akan muncul.



2. Pilih onStart dari daftar, lalu klik OK.



3. Tambahkan pesan log di dalam metode onStart()

override fun onStart() {
    super.onStart()
    Log.d(TAG, "onStart Called")
}

4. Kompilasi dan jalankan aplikasi. Kemudian, buka panel Logcat.

5. Ketikkan tag:MainActivity di kolom penelusuran untuk memfilter log.

6. Tekan tombol Layar Utama di perangkat, lalu gunakan layar Terbaru untuk kembali ke aktivitas.


Menambahkan Laporan Log Lainnya

1. Ganti sisa metode siklus proses di MainActivity Anda dan tambahkan laporan log untuk setiap metode onResume, onRestart, onPause, onStop, dan onDestroy.


2. Kompilasi dan jalankan lagi aplikasi.


Mempelajari Kasus Penggunaan Siklus Proses

Membuka dan Menutup Aktivitas

1. Kompilasi dan jalankan aplikasi Dessert Clicker jika belum berjalan. Seperti yang Anda lihat, callback onCreate(), onStart(), dan onResume() dipanggil saat aktivitas dimulai pertama kali.

2. Ketuk cupcake beberapa kali.

3. Ketuk tombol Kembali yang ada di perangkat.



Bernavigasi dari dan kembali ke Aktivitas

1. Saat aplikasi Dessert Clicker sedang berjalan, klik cupcake beberapa kali.

2. Tekan tombol Layar Utama di perangkat dan amati Logcat di Android Studio. Saat Anda kembali ke layar utama, aplikasi tersebut tidak akan dimatikan, tetapi akan tetap berjalan di latar belakang. Perhatikan bahwa metode onPause() dan onStop() dipanggil.


3. Gunakan layar Terbaru untuk kembali ke aplikasi. Pada emulator, layar Terbaru dapat diakses oleh tombol sistem persegi yang ditampilkan pada gambar di bawah.


4. Mulai dengan minimal satu aplikasi selain Dessert Clicker sehingga ada beberapa aplikasi di layar Terbaru perangkat.

5. Munculkan layar Terbaru dan buka aktivitas terbaru lainnya. Kemudian, kembali ke aplikasi terbaru dan pindahkan Dessert Clicker ke latar depan.


Menyembunyikan Sebagian Aktivitas

1. Dengan aplikasi Dessert Clicker masih berjalan, klik tombol Bagikan di kanan atas layar.


2. Periksa Logcat dan perhatikan bahwa hanya onPause() yang dipanggil.


3. Klik di luar dialog berbagi untuk kembali ke aplikasi, dan perhatikan bahwa onResume() dipanggil.


Mempelajari Perubahan Konfigurasi

Perubahan konfigurasi menyebabkan onDestroy() dipanggil

1. Kompilasikan dan jalankan aplikasi Anda.
2. Pastikan kunci rotasi layar di emulator dinonaktifkan.
3. Putar perangkat atau emulator ke mode lanskap. Anda dapat memutar emulator ke kiri atau kanan menggunakan tombol rotasi.
4. Periksa Logcat dan pahami bahwa saat dihentikan, aktivitas akan memanggil onPause(), onStop(), dan onDestroy(), dalam urutan tersebut.



Kehilangan Data di Rotasi Perangkat



Siklus Proses Composable

1. Di MainActivity, update grup yang terdiri dari lima variabel yang saat ini menggunakan remember untuk rememberSaveable.



2. Kompilasikan dan jalankan aplikasi Anda.

3. Klik cupcake beberapa kali dan perhatikan bahwa makanan penutup terjual dan total pendapatan tidak nol.

4. Putar perangkat atau emulator ke mode lanskap.

5. Perhatikan bahwa setelah aktivitas dihancurkan dan dibuat ulang, gambar makanan penutup, makanan penutup yang terjual, dan total pendapatan dipulihkan ke nilai sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 7 - Membuat Aplikasi Woof

Tugas Pertemuan 13 - Framework Flutter Namer App

Evaluasi Akhir Semester PPB B